Ngantuk?

Saat duduk di bangku SMA dulu, aku seringkali mengantuk setiap menginjak pukul 12.30, rutin, hampir setiap hari, dan terjadi secara konsisten (lah iya,namanya rutin ya pasti konsisten :D). Gejala ini disertai dengan perut yang mulai mengadakan pergolakan meminta diisi.
Aku jadi berpikir, apakah ngantuk selalu disertai dengan perut lapar? Atau justru karena lapar maka mata mengantuk? Mana yan lebih dahulu datang? Mana sebab dan mana akibat?

sleep 1Kupikir-pikir, ngantuk ini dilematis juga, ya.. Saat aku mencoba mengatasi ngantuk dengan melakukan pekerjaan lain yang menyenangkan hati, kadangkala ngantuk itu sirna, tapi kadang juga tetap bertahan pada pelupuk mata.

Sempat dulu, ada polling mengenai cara mengatasi ngantuk yang diajukan kepada beberapa siswa dari beberapa sekolah tetangga, dan hasilnya seperti ini:

  • Taruna Nusantara: minum vitamin
  • Seminari Mertoyudan: olah raga
  • De Brito: tidur..

Nah.. siapa yang paling realistis? Hehehe….

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan lapar, kantuk itu juga berhubungan dengan bosan.
Benar, kelas 1 SMA dulu, aku hanya mengantuk siang hari, saat jam menjelang makan siang. Kelas 2 SMA jadwalnya bertambah saat pelajaran Kimia, yang notabene gurunya hanya membaca materi persis seperti yang tertulis di buku paket, jelas bosann… Saat kelas 3 SMA, hampir setiap pelajaran eksak aku tidur, padahal, sebagai catatan, aku ini siswa jurusan IPA. Jelas terlihat, minat mempengaruhi daya tahan mata untuk bertahan terjaga, hahaha…

Jadi, ngantuk dulu apa lapar dulu? Bosan dulu apa ngantuk dulu? Dilematis 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s